Senin, 22 Oktober 2018

Gunakan Strategi Digital Marketing Untuk Promosi Event

Gunakan Strategi Digital Marketing Untuk Promosi - Apakah Anda memiliki rencana untuk menyelenggarakan sebuah event atau acara atau Anda telah selesai melaksanakannya, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan mengenai kegiatan promosi seperti kursus seo murah di jakarta yang Anda lakukan sebelum, selama, dan setelah event dilaksanakan. Dimana Anda akan memulainya? Media apa yang akan Anda gunakan dan kapan? Pada artikel ini akan dijelaskan tentang strategi promosi yang bisa Anda gunakan.

Sebelum event

Pertama-tama, apa yang Anda butuhkan adalah sebuah informasi pusat yang mencakup detail event yang akan Anda selenggarakan. Oleh karena itu, buatlah sebuah website yang mencakup informasi mengenai tema event, lokasi, waktu, latar belakang diselenggarakan event tersebut, siapa pun yang akan hadir, pilihan tiket atau cara mendaftar menjadi pengunjung, sponsor, dan informasi kontak yang meliputi nomor telepon, email, dan profil media sosial.

Kedua, mulailah membangun pekerjaan seo dengan sebuah jaringan komunikasi dengan menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan lain-lain. Manfaatkan jaringan komunikasi yang ada untuk secara perlahan membangun sekelompok pengikut atau follower. Sementara itu, pastikan Anda membuat konten promosi yang dapat menarik banyak pengguna internet. Perhatikan jumlah retweet, like, comment, dan shared untuk melihat keefektifan promosi Anda. Jangan terlalu sering membuat sebuah postingan informasi, karena pengguna media sosial akan merasa terganggu dan menganggap bahwa postingan Anda adalah spam.

Ketiga, jangan promosikan penjualan tiket Anda pada banyak paltform media sosial. Bagikan alokasi Anda pada seluruh platform media sosial agar tidak ada over-subscribe. Misalnya, Anda menyediakan 100 tiket untuk dijual, lalu bagi menjadi dua untuk dijual di Facebook dan 50 tiket dijual di Twitter.

Keempat, mulailah untuk menjalin kerjasama dengan individu atau kelompok di sekitar Anda yang penting dan yang bisa mempromosikan event Anda. Misalnya, sponsor, partner event, pembicara, peserta event, dan lain-lain.

Kelima, gunakan SEO. Fokuslah pada kemungkinan pencarian yang akan dilakukan oleh target audiens Anda. Misal, jika Anda akan menyelenggarakan konferensi medis, pastikan Anda menggunakan istilah-istilah seperti ‘medis’, ‘kesehatan’, ‘dokter’, ‘rumah sakit’, ‘farmasi’, diikuti dengan ‘event’, ‘konferensi’, ‘seminar’, dan istilah lain yang berhubungan dengan kesehatan.

Keenam, SEO akan sia-sia jika tidak didukung dengan konten website yang tepat. Jadi pada langkah ini, Anda disarankan untuk membuat konten website yang menarik, seperti agenda event, rincian tempat, pembicara dan topik pembahasan, video dan foto-foto dari event yang sebelumnya, respon dan testimoni yang diberikan pada peserta event sebelumnya, dan lain-lain. Konten yang dapat shareable dan linkable akan sangat membantu dalam meningkatkan eksposur brand dan membantu SEO untuk meningkatkan trafik dan konversi website Anda.

Selama event berjalan


Ketika event sedang berlangsung, jangan lupa untuk memberikan update informasinya pada jejaring sosial yang Anda gunakan. Cantumkan hashtag pada postingan Anda dan ingatkan pada pengunjung atau peserta event untuk menggunakan hashtag tersebut ketika mereka memberikan pertanyaan, respon, berbagi foto, video, atau kutipan pada akun media sosial Anda.

Tidak hanya di media sosial tetapi juga website, ini adalah kesempatan yang sayang jika tidak dimanfaatkan dimana orang-orang akan berbagi konten event yang terkait sehingga eksposure akan bertambah. Live blogging, rangkuman isi seminar, atau dokumentasi event, masing-masing memiliki peranan penting dalam hal ini. Semakin banyak konten yang relevan dengan event Anda, semakin baik untuk eksposur brand bisnis Anda.

Setelah event selesai


Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai content marketing, hal yang sama juga sebaiknya dilakukan hingga event telah selesai diselenggarakan. Jika banyak orang yang membagikan konten Anda di media sosial atau website, tambahkan lebih banyak konten, misalnya membagikan slide materi seminar atau konferensi di Slideshare, video di Youtube, foto di Instagram atau Flickr, dan jenis konten lainnya.

Dan pada saat ini adalah kesempatan yang baik untuk mengenal seo pemula serta memanfaatkan email marketing. Jika Anda menginginkan target audiens Anda untuk terus mengikuti informasi seputar event yang selanjutnya, email marketing adalah pilihan yang tepat. Khususnya bagi audiens Anda yang hadir pada event, tetapi tidak memberikan respon, email marketing dapat membantu Anda merubah pikiran mereka dan mendapatkan perhatian mereka kembali.
Title: Gunakan Strategi Digital Marketing Untuk Promosi Event; Written by nur asyiqin; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar