Jumat, 18 Maret 2016

Buah-buahan memiliki khasiat Sebagai Obat Herbal

Ada berbagai macam buah yang memiliki manfaat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. Kebanyakan dari kita, tidak mengetahui bahwa buah-buah yang sering kita konsumsi bisa berdaya guna membantu penyembuhan. Agar tidak bingung lagi buah apa saja yang yang berkhasiat sebagai obat herbal, kami sajikan beberapa nama buah beserta khasiatnya masing-masing berikut ini:



Jambu Biji
Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang memiliki manfaat untuk penyembuhan beberapa penyakit. Pamornya terkenal karena khasiat buah dan daunya yang paling mujarab dalam menyembuhkan penyakit demam berdarah (DBD) . Fungsinya untuk menambah trombosit penderita DBD yang biasanya menurun hingga di bawah batas normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memberikan air rebusan jambu biji pada penderita DBD, bisa menaikkan jumlah trombosit penderita sampai 100.000/mm3 dalam tenggang waktu sekitar 16 jam.

Di dalam daun jambu biji juga terkandung enzim quercetin yang berfungsi untuk menghambat terbentuknya enzim mRNA yang ada di dalam virus DBD. Oleh karena itu, daun jambu biji ampuh untuk mematikan virus DBD dan juga menambah cairan tubuh yang hilang. Jenis buah dan daun jambu biji yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit demam berdarah adalah jambu biji merah dan jambu biji putih. Baca cara Pencegahan dbd dengan hit obat nyamuk

buah-naga

Alangkah lebih baik lagi, bila yang dikonsumsi itu bukan hanya sekadar buahnya saja, melainkan daunnya juga yang bisa dijadikan jus.

Caranya: Ambil 5 lembar daun jambu biji, cuci bersih, lalu rebus dalam satu panci sedang. Biarkan air surut hingga tinggal 1/3 bagiannya saja. Setelah itu, minumkan pada si penderita penyakit Demam Berdarah sesering mungkin misalnya 2-3 jam sekali.

Selain berkhasiat sebagai obat hebal DBD, jambu biji juga terbukti ampuh melawan penyakit demam, batuk, hipertensi, sembelit, mabuk perjalanan, dan diare.

Mengkudu
Buah ini memang memiliki rasa yang kurang sedap di lidah. Namun, bukan berarti bisa dianggap sebelah mata lho, karena ternyata didalamnya terkandung banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan kita.

Banyak pakar kesehatan dalam dan luar negei yang melakukan uji klinis atas khasiat buah mengkudu sebagai obat herbal. Yang paling terkenal dari khasiatnya adalah sebagai anti dan pencegah kanker/ tumor. Menurut pakar kesehatan, mengkudu mengandung zat anti kanker yang dinamakan Damnacanthal, sejenis anthraquinon, zat yang bertugas menghambat pertumbuhan sel ganas pada kanker dan tumor.

Adapun saran penyajiannya cukup dengan meminum jus mengkudu sehari tiga kali secara rutin. Usahakan agar jus diminum tanpa campuran zat pemanis agar keasliannya tetap terjaga.

Selain sebagai anti kanker, buah mengkudu juga bermanfaat untuk peluruh kencing batu, bengek, radang dan selaput sendi. Sedangkan akar mengkudu bisa dimanfaatkan untuk mengobati kejang-kejang dan tetanus. Kulit batang mengkudu juga berkhasiat untuk disentri.

Delima
Sering mengalami stress karena beban pikiran yang terlalu berat? Cobalah atasi stress menggunakan terapi jus delima. Buah berwarna merah ini mampu mengurangi kadar kortisol (hormon stres) secara signifikan di dalam air liur kita, sekaligus mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik, sehingga membuat Anda lebih rileks. Cara mengatasi stress dengan buah delima cukup dengan mengonsumsi jus buah delima sebanyak 2,5 gelas setiap harinya.
Selain sebagai pengusir stress, buah delima juga berkhasiat herbal untuk mencegah kanker prosat, kanker payudara, mencegah penyakit jantung, mengobati pembengkakkan dan pendarahan pada gusi.

Manggis
Hitam-hitam si buah manggis tidak mau kalah fungsi dengan buah-buah bermanfaat herbal lainnya. Bahkan khasiatnya bukan hanya terletak pada buahnya saja melainkan pada kulit dan daunnya pula. Khasiat manggis yang paling populer adalah untuk mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal. Caranya, konsumsi daging buah manggis sebanyak 3 ons setiap hari. Bisa pula dengan cara meminum rebusan daun manggis yang sudah dicuci bersih. Mengonsumsi manggis dengan porsi yang disarankan akan membantu pengeluaran racun atau zat-zat kotor dari dalam tubuh melalui air seni.

Selain untuk mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal, manggis bermanfaat juga untuk mencegah gangguan penglihatan, mencegah diabetes, menambah energi, melawan radikal bebas, dan meluruhkan lemak pada tubuh.

Sirsak
Buah berdaging putih dengan biji hitam pipih ini kaya akan kandungan air. Tidak heran bila sirsak sangat enak dikonsumsi saat dahaga menyerang. Tapi bukan itu yang menjadi keutamaan buah sirsak sebagai buah herbal. Manfaat utama sirsak terletak pada daun sirsak. Turun temurun daun sirsak dipercaya berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit asam urat.

Caranya, ambil 6-10 lembar daun sirsak yang tua tapi masih berwarna hijau pekat. Cuci bersih dan potong-potong daun agar kandungan zat baik di dalamnya bisa keluar saat perebusan. Lalu rebus daun tersebut hingga air menyusut menjadi 1 gelas saja. Minum sebanyak 2x sehari.

Manfaat lain dari buah sirsak adalah mampu mengobati kanker, sakit pinggang, mengobati reumatik, bisul, dan cacingan.

Markisa
Buah yang paling banyak tersebar di kawasan perkebunan Sumatra Utara ini bukan hanya cocok diolah sebagai bahan minuman seperti sirup atau jus. Buah yang satu ini dianggap sebagai obat herbal karena keistimewaan manfaatnya dalam pengobatan tradisional. Adapun manfaat markisa yang sudah mendunia adalah cocok untuk penderita insomnia atau sulit tidur. Sebab, markisa kaya akan kandungan vitamin B yang menenangkan dan potassium yang merilekskan sistem syaraf. Konsumsilah 2-3 buah markisa sesaat sebelum tidur agar Anda bisa merasakan kantuk beberapa menit setelahnya.

Bukan sekedar cocok untuk para penderita insomnia, markisa juga bisa diandalkan dalam membantu penyembuhan penyakit liver, melancarkan ASI, melancarkan peredaran darah, menurunkan kolesterol, dan penurun panas saat demam.

Salak
Buah dari tanaman tropis yang banyak tumbuh di daerah-daerah tropis seperti Indonesia ini memiliki ciri-ciri kulit yang kasar seperti corak tringgiling. Buah salak termasuk buah yang masuk dalam jajaran buah-buah bermanfaat herbal. Salah satu khasiat yang bisa Anda dapatkan dari buah ini adalah untuk menjaga kesehatan mata.

Dalam 100 gram daging buah salak, mengandung betakaroten yang dibutuhkan oleh mata jauh lebih banyak dari yang
terdapat pada buah mangga maupun semangka. Untuk itu sangat dianjurkan mengonsumsi salak 2-3 buah rutin setiap hari bila Anda bosan mengonsumsi jus wortel untuk menjaga kesehatan mata Anda. Tapi ingat, konsumsilah daging buah salak bersama kulit arinya, sebab kulit ari adalah bagian kandungan serat pada buah salak.

Selain berkhasiat untuk kesehatan mata, salak juga berkhasiat untuk membantu proses penurunan berat badan. Ini disebabkan karena daging buah salak yang padat membantu mengurangi rasa lapar. Itu sebabnya salak juga cocok sebagai cemilan sehat di rumah.

Buah Naga
Buah Naga atau Hylocereus undotus juga dikenal memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Buah naga diyakini mampu menyembuhkan aneka macam penyakit mulai dari penyakit diabetes dan menurunkan kolesterol. Buah ini juga berkhasiat untuk mencegah kanker usus, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, meningkatkan daya kerja otak, dan meningkatkan fungsi dan daya penglihatan.

Buah ini juga bisa dijadikan sebagai obat herbal bagi penderita Talasemia. Buah naga merah mengandung indicaxantin yang merupakan salah satu pigmen betaxantin. Pigmen betaxantin merupakan pembentuk betaglobin (bagian dari hemoglobin) yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru. Karena itu, di Italia buah naga digunakan untuk terapi talasemia akibat kerusakan betaglobin.

Hit obat nyamuk - Demikanlah daftar nama buah-buah yang berkhasiat sebagai obat herbal. Oleh karena itu, mulailah memanfaatkan buah-buah di sekitar kita untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan jauh dari pengaruh zat-zat kimia. Semoga bermanfaat.
Title: Buah-buahan memiliki khasiat Sebagai Obat Herbal; Written by nur asyiqin; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar